Sistem Operasi Perpus

Deskripsi Utama

Sistem Informasi Perpustakaan Daerah Surabaya

Sistem Informasi Perpustakaan yang ada di Perpustakaan Daerah atau sebut saja Perpus Jatim, yang meliputi :

  1. 1.       Daftar Tamu

Daftar tamu yang ada di Perpustakaan ini menggunakan inputan melalui PC atau komputer, yang  digunakan untuk mengisi data para tamu / peminjam yang ingin melihat, membaca, dan yang ingin meminjam buku. Daftar tamu ini berisi tentang ; Nama, Alamat, Asal kota, Pekerjaan, dan apakah anda menggunakan WIFI ??

  1. 2.      Formulir Pendaftaran

Setiap tamu yang ingin mendaftarkan sebagai anggota Perpustakaan Daerah ini dapat mengisi dan menuliskan beberapa data-data diri yang ada di form pendaftaran. Syaratnya adalah membawa 1 lembar foto copy KTP atau KTM khusus Surabaya, dan bagi pendaftar yang tinggal diluar Surabaya bisa mengurus dan meminta Surat Keterangan dari Kampus / Fakultas. Form ini berupa inputan manual, yaitu dengan cara tulis tangan.

  1. 3.      Kartu Peminjaman Buku

Setelah mengisi dan menuliskan beberapa data diri di Form pendaftaran, setiap peminjam atau anggota bisa mendapatkan sebuah kartu, kartu ini digunakan untuk proses peminjaman buku, dan proses pengembalian buku. Jika anda sudah mempunyai kartu tersebut, maka anda sudah menjadi anggota Perpustakaan Daerah / Perpus Jatim. Kartu ini bisa diperpanjang. Kartu ini berlaku hingga sekitar 2 tahun.

  1. 4.      Persyaratan Kartu Anggota Perpustakaan

Persyaratan / ketentuan yang harus dipenuhi :

  • Peminjam harus menunjukkan / menyerahkan kartu anggota perpustakaan sebelum meminjam buku-buku.
  • Setiap anggota perpustakaan diperkenankan meminjam sebanyak-banyaknya 2 (dua) buah buku dalam waktu 2 minggu.
  • Kartu ini hanya dapat dipergunakan oleh yang bersangkutan.
  • Kartu lama harap dibawa pada saat perpanjangan.
  • Menghilangkan kartu diwajibkan membawa surat kehilangan dari Kepolisian.
  1. 5.      Transaksi Peminjaman

Jika sudah menemukan buku yang dicari, anda bisa meminjamnya dengan membawa Kartu anggota. Selang waktu peminjaman sekitar 2 minggu antara tanggal 1 – 14 hari. Maksimal buku yang dipinjam sebanyak 2 buah buku.

  1. 1.       Transaksi Pengembalian

Jika sudah waktunya mengembalikan buku, sesuai tanggal pengembalian, anda bisa menyerahkan kartu anggota beserta buku yang anda pinjam. Anda juga bisa memperpanjang buku pinjaman anda tersebut, jika ingin meminjam atau memperpanjang buku itu kembali. Setiap pengembalian buku, anda mendapatkan sebuah nota atau bukti bahwa sudah mengembalikan buku.

  1. 2.      Fasilitas

Fasilitas-fasilitas yang ada di perpustakaan daerah sebagai berikut :

  • Ruang ber-AC
  • Penitipan barang seperti tas, jaket dll.
  • Wifi / internet
  • Mushola
  • Kamar mandi
  1. 3.      Daftar Pencarian  Buku

Daftar pencarian ini biasanya digunakan untuk mencari judul, penerbit, pengarang, tahun terbit, dan letak rak masing-masing buku berada. Selain itu daftar pencarian ini sangat mempermudah anggota untuk melakukan pencarian buku.

  1. 4.      Denda

Jika anda mengembalikan tidak pada tanggal yang diberikan, anda bisa membayar denda pada umumnya. Tetapi disini anda biasanya di peringati, jika buku terlambat dikembalikan sampai 1 bulan, maka anda tidak dapat meminjam kembali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s